7 Tanaman Pembersih Udara Ini Mampu Menyejukkan Lingkungan dan Ampuh Usir Penyakit

7.Tanaman Pembersih Udara Ini Mampu Menyejukkan Lingkungan dan Ampuh Usir Penyakit  – Polusi udara bukan hanya membuat kita terganggu dalam melakukan aktivitas tapi juga menjadi pemicu munculnya beragam penyakit. Maka, tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba menanam tanaman yang bisa menawarkan polusi udara.

Beragam tanaman pembersih udara sangatlah kita butuhkan mengingat kesehatan keluarga yang utama. Sebab, polusi udara bisa mengancam kita dengan penyakit-penyakit mematikan seperti stroke, penyakit jantung iskemik,  paru-paru obstruktif kroni bahkan kanker paru-paru. Miris sekali kan?

Nah, untuk itu kami sangat merekomendasikan 7 tanaman yang bisa menjadi pembersih udara di sekitar lingkungan rumah  dan ruangan Anda supaya penyakit mematikan seperti di atas tidak menimpa keluarga tersayang Anda:

Lili Paris (Chlorophytum Comosum)

Tanaman lili paris memang bentuknya tidak terlalu indah seperti tanaman-tanaman hias lainnya. Tapi walaupun tidak terlalu indah, tanaman ini mampu membersihkan udara dengan memusnahkan zat-zat beracun di udara seperti formaldehida dan xylene.

Perawatannya bisa hemat air karena lili paris cukup disiram 2-3 kali dalam seminggu, mudah sekali kan?

Bambu Jepang (Dracaenas)

Tanaman bambu jepang juga termasuk tanaman yang mampu membersihkan udara dari zat-zat beracun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, sampai trichlorethylene.

Uniknya, bambu jepang memiliki bentuk dan warna yang lumayan beragam. Sehingga bila Anda memilih tanaman ini untuk ruangan dan halaman rumah Anda tidak terkesan membosankan bahkan bisa menghindari kemiripan dengan tanaman tetangga.

Penting Anda ketahui, tanaman pembersih udara ini harus Anda jauhkan dari hewan peliharaan. Sebab, jika hewan peliharaan Anda di rumah memakan daunnya bisa keracunan.

Sirih Gading (Epipremnum Aureum)

Sirih gading ternyata juga bahaya jika dimakan oleh hewan peliharaan, tanaman ini bisa menyebabkan hewan keracunan. Meskipun demikian, tanaman ini mampu membunuh zat racun di udara yang berupa formaldehida, xylene, benzene dan juga karbon monoksida.

Perawatann tanaman ini juga tidak merepotkan Anda, tinggal disiram jika tanah di pot sudah kering. Hemat air kan?

Palem Kuning (Chrysalidocarpus Lutescens)

Dengan ukuran tanamannya yang kecil, ternyata paling kuning tidak boleh kita remehkan. Kecil-kecil tanaman ini bisa membersihkan zat-zat beracun seperti benzene, karbon monoksida, formaldehida, dan juga xylene di udara.

Tanaman pembersih udara yang satu ini lebih subur jika ditanam di area yang terang. Jadi, bila Anda tertarik dengan tanaman ini usahakan letakkan di tempat yang lampunya selalu menyala supaya tidak cepat layu.

Krisan (Chrysanthemum Morifolium)

Tanaman krisan mampu menyerap zat-zat beracun di udara seperti campuran hidrogen dan nitrogen, formaldehida, xylene, dan juga benzene. Jika zat kimia ini tidak dimusnahkan, kesehatan Anda bisa terancam.

Krisan juga tidak boleh dimakan hewan peliharaan, karena zat beracun yang dikandungnya bisa membuat hewan peliharaan Anda keracunan. Baiknya, Anda selalu pastikan hewan-hewan peliharaan Anda tidak memakan daun tanaman ini.

Palem Bambu komodoria (Chamaedorea Seifrizii)

Jika Anda tipekal orang yang rajin mengurus tanaman, mungkin tanaman ini cocok buat Anda pelihara. Ya, palem bambu perawatannya cukup sulit, ia butuh cahaya yang terang tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Jadi, Anda bisa direpotkan untuk pindah-pindahkan tanaman. Tapi walaupun begitu, tanaman bisa tumbuh tinggi dan menarik tentunya juga mampu membersihkan udara rumah Anda dari formaldehida, benzene, karbon monoksida, xylene, dan juga khloroform. Anda tidak sia-sia kerepotan memelihara tanaman ini.

Daun Ivy (Hedera Helix)

Walaupun tanaman daun ivy tumbuh indah terurai di pot gantung, ternyata Anda perlu hati-hati dengan tanaman pembersih udara yang satu ini. Karena selain bisa membuat hewan keracunan, anak-anak kecil pun jika tidak sengaja memakan atau terkena getahnya bisa  terkena penyakit dermatitis kontak.

Meskipun harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak, Anda juga mendapat keuntungan lebih dari daun ivy ini, karena ia mampu membersihkan udara dari karbon , formaldehida, benzene, monoksida hingga trichlorethylene.

Inilah tanaman pembersih udara yang bisa membunuh zat-zat beracun di udara, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan rumah. Walaupun kebanyakan orang tidak peduli dengan ancaman dari racun-racun di udara, Anda sebagai pembaca tidak boleh menyepelekan upaya ini supaya kesehatan Anda selalu terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami WhatsAppTelepon