Kiat – Kiat dan Cara Merawat Monstera

Kiat – Kiat dan Cara Merawat Monstera. Di saat kita mulai untuk hidup minim sampah tentunya tidak jarang membuat kita semua akan lebih mencintai lingkungan serta akan mulai penasaran untuk melakukan cocok tanam baik itu tanaman sayuran atau buah – buahan atau juga tanaman hias. Untuk kali ini, kita akan membahas salah satu tanaman hias yang sedang populer di kalangan masyarakat yaitu tanaman Monstera.

Bagi kalian yang belum mengetahui, Monstera Deliciosa merupakan salah satu jenis tanaman yang menjalar ataupun merambat. Untuk habitatnya sendiri merk ada di hutan tropis bagian selatan Meksika hingga Panama. Alasan kenapa disebut Monstera karena ukuran tanaman tersebut bisa saja mencapai hingga puluhan meter ketika di alam bebas. Selain itu tanaman tersebut sangat khas pada daunnya yang lebar serta sobek – sobek.

Oleh karena itu, tidak heran bahwa keunikan yang ada pada tanaman tersebut membuat banyak orang berminat untuk merawatnya, apalagi untuk kalian para wanita. Disisi lain tanaman tersebut bisa dijadikan tanaman indoor, serta selain bisa digunakan untuk membuat rumah menjadi indah, adanya tanaman ini bsia membuat ruangan menjadi sejuk serta membawa energy yang positif.

Selain bisa di taruh di indoor tanaman ini juga bisa tumbuh dengan subur ketika berada di luar ruangan atau luar rumah dan pastinya membuat halaman menjadi lebih indah. Bagi kalian yang memang tertarik dengan tanaman tersebut, tentu kalian akan bertanya bagaimana cara merawat  Monstera. Nah oleh karena itu, berikut adalah ulasannya.

Berikan Cahaya Serta Kelembapan Yang Cukup

Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya tanaman tentunya membutuhkan cahaya matahari yang cukup supaya mereka bisa tumbuh. Tak terkecuali juga tanaman yang satu ini bahwa tanaman tersebut memerlukan lebih banyak cahaya untuk pertumbuhannya karena semakin banyaknya cahaya maka semakin baik pula tanaman tersebut tumbuh.

Walaupun disisi lain, jika tanaman Monstera ini kita taruh di luar ruangan, sangat disarankan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung. Maka dari itu sebaiknya kalian taruh tanaman tersebut di tempat yang teduh. Hal ini tentunya sangat penting sekali sebagai cara merawat Monstera.

Tapi, bukan hanya itu saja, Monstera ini juga perlu kamu perhatikan soal kelembapannya. Kita tahu bahwa tanaman ini bisa tumbuh pada tempat yang tropis, sehingga lebih baik, tanaman tersebut kita tempatkan pada kelembapan yang bagus juga.

Maka dari itu itu, alangkah baiknya untuk menaruhnya di dalam kamar mandi yang memang tempat tersebut mempunyai kelembapan cahaya yang cukup ataupun kalian juga bisa menaruhnya dengan tanaman lainnya.

Media Tanam

Sebelum kamu menanam tanaman Monstera pada pot. Kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu apakah media tanam yang akan kamu lakukan tersebut sudah mempunyai nutrisi yang bagus untuk tumbuhnya tanaman tersebut. selain itu, media tanam yang digunakan juga tidak jauh berbeda seperti tanaman hias lain pada umumnya.

Disisi lain, untuk komposisi yang bagus dan baik kita gunakan yaitu terbuat dari campuran tanah dan pasir serta kompos dengan perbandingan 1 banding 1. Hal ini sangat penting sebagai cara merawat Monstera yang perlu kalian ketahui.

Merawat Daun

Tanaman ini memang sangat unik, semakin uniknya tanaman tersebut maka semakin memiliki harga yang tinggi juga. Nah daya tarik pada daunnya memiliki khas tersendiri yang memang membuat orang ingin merawat tanaman tersebut. jika sudah mahal – mahal kamu beli akan tetapi tidak bisa merawat daunnya dengan baik tentunya menjadi sebuah kerugian.

Oleh karena itu jangan sampai daunnya terlihat tidak menarik dan debu sering kali menempel. Oleh karena itu, apabila terjadi demikian, kamu juga dapat mengelapnya apalagi menggunakan air. Kini para pecinta tanaman tersebut sering kali memberikan cara ataupun tips untuk bisa membersihkan debu pada daun dengan cara menggunakan mayonnaise, hal tersebut mungkin terdengar aneh akan tetapi jika dilakukan akan membuat daun menjadi mengkilap dibandingkan membersihkannya denan air.

Kamu juga tidak perlu takut untuk memotong beberapa helai daun, karena semakin besar tanaman, semakin lebat juga daun yang di hasilkan. Kalian bisa memotong daunnya hingga dahannya lalu diletakan pada wadah yang sudah terisi air. Selanjutnya tinggal menunggu akarnya bermunculan.

Lakukan Penyiraman

Kita tentunya sudah tahu bahwa sesuatu hal yang berlebihan itu tidaklah baik, begitu juga dalam penyiraman tanaman, jika kita memberikan tanaman tersebut banyak air maka tentu saja akan berbahaya bagi Monstera bahkan bisa saja membuat tanaman tersebut mati. Oleh karena itu, lebih baik membiarkan media tanaman tersebut sedikit kering serta penyiraman dilakukan minimal 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Itulah informasi yang bisa disampaikan seputar cara merawat Monstera dari sekian banyak tipsnya. Semoga dengan adanya hal ini bisa membantu kalian yang sedang ingin menanam tanaman hias tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami WhatsAppTelepon