Cara Membuat Vertikal Garden untuk Rumah Minimalis

tropisgardenCara Membuat Vertikal Garden untuk Rumah Minimalis – Rumah dengan ukuran yang kecil dan minimalis bukan berarti tidak bisa ditanami oleh bunga dan sayuran. Bahkan Anda bisa dengan mudah membuat taman dan kebun kecil dengan ruang yang sempit, dan tanpa tanah sekalipun. Taman atau kebun tersebut memiliki ukuran minialis yang bisa disesuaikan dengan besaran ruang yang tersedia di rumah Anda.

Kebun tersebut lebih sering disebut sebagai vertikal garden, dengan variasi tumbuhan yang beragam serta lebih menguntungkan dibandingkan dengan kebun yang dibuat secara horizontal. Ini karena penggunaan tanah yang lebih sedikit dibandingkan dengan pembuatan taman konvensional, serta dapat disesuaikan dengan ukuran rumah yang kecil.

Anda yang berniat untuk membuat taman vertikal ini, bisa dengan mudah mengikuti proses pembuatannya berikut ini:

Pilih Area yang Hendak Digunakan

Langkah pertama tentu saja memilih area yang hendak digunakan sebagai area taman vertikal. Anda bisa menggunakan dinding kosong yang terkena sinar matahari, ataupun menyediakan ruang khusus di sekitar halaman atau samping rumah.

Pastikan bahwa kondisi dinding, yang merupakan media paling disarankan masih dalam kondisi baik dan tidak mudah rubuh. Pilih area yang terkena sinar matahari dengan baik dan sirkulasi udara maupun air yang sama baiknya

Hindari menggunakan dinding yang lapuk dan lembab, sebab akan mengurangi pertumbuhan tanaman dan membuat vertikal garden yang Anda buat terlihat suram. Jika tidak ada dinding yang kuat, Anda bisa mengguakan rak khusus untuk pembuatan taman.

Gunakan Rangka yang Sesuai

Selanjutnya adalah pemilihan rangka yang tepat untuk jenis tanaman yang hendak diletakkan di tempat tersebut. Jika menggunakan rak atau rangka khusus, biasanya terdapat tiga lapisan yang bisa digunakan, yakni rangka, plastik pelapis, serta kain untuk alas.

Agar lebih mudah di pindahkan, dibongkar, ataupun dibersihkan, sebaiknya Anda memasang rangka tersebut dengan cara vertikal dan menggantungnya di sudut yang tepat. Ukuran bisa Anda sesuaikan dengan jenis tanaman dan pot yang disediakan.

Agar tanaman tumbuh dengan baik, jangan lupa hadapkan ke sinar matahari untuk memudahkan proses fotosintesis dan perkembangannya. Ini juga akan membantu tanaman guna mendapatkan cahaya matahari tanpa harus mengikuti aliran cahayanya.

Lapisi dengan Plastik Pelindung

Langkah selanjutnya untuk membuat vertikal garden adalah menyiapkan plastik atau pot yang sesuai denga ukuran rangka. Sebaiknya Anda mempersiapkan pot terlebih dahulu sebelum membeli rangka, sehingga ukuran rangka bisa disesuaikan dengan ukuran pot.

Jangan lupa untuk melapis pot dengan plastik, sehingga rembesan air yang mengalir di pot bagian atas tidak jatuh menimpa pot di sebelah bawah. Pilih plastik yang kuat dan bisa menahan air dalam rentang waktu yang lama.

Anda bisa mendapatkan plastik tersebut di toko tanaman dan perkebunan, pertimbangkan plastik yang tidak mudah sobek walaupun digunakan untuk rentang waktu yang lama. Buat pelapis ini satu ukuran dengan rangka yang Anda gunakan.

Menggunakan Media Kain

Jika Anda ingin lebih ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan kain sebagai media tanam tumbuhan. Kain akan membuat tanaman dapat berkembang dengan baik dan resapan air bisa disimpan untuk rentang waktu yang lebih lama di lapisna kain.

Pilihan karpet bekas merupakan pilihan yang paling direkomendasikan, dengan begitu Anda bisa langsung mendaur ulang benda-benda yang sekiranya masih bisa digunakan kembali. Pembuatan vertikal garden dengan kain juga tidak sulit untuk dilakukan.

Jika ingin cara yang lebih ringkas, Anda juga bisa langsung membeli pot dengan kain di toko tanaman hias. Harganya juga cukup terjangkau, dan tidak akan menguras kantong Anda. Namun pastikan bahwa Anda memasang pengunci yang kuat di bagian atasnya sebagai penahan.

Itulah beberapa cara untuk membuat vertikal garden yang bisa Anda praktekkan di rumah. Ingat untuk menjaga irigasi agar tetap lancar agar air tidak menggenang dan merusak kadar tanah pada pot tanaman.

Demikianlah cara mudah untuk membuat vertikal garden yang paling mudah dan gampang untuk dilakukan. Rumah yang minimalis dan ruang yang kecil tidak menjdi penghalang untuk Anda untuk membuat ruang hijau disana.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami WhatsAppTelepon