Begini Cara Merawat Tanaman Sikas agar Tumbuh Subur di Halaman Rumah

Bagi sebagian orang merawat tanaman hias bukanlah hal yang mudah. Pemilihan media tanam yang buruk, cara memangkas yang salah, pemberian pupuk hingga proses penyiraman yang tidak tepat bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik.

Namun meskipun begitu, bukan berarti kecintaan terhadap jenis tanaman yang satu ini juga menghilang. Bagi Anda yang hendak memulai untuk memelihara tanaman hias, bisa memilih tanaman sikas sebagai salah satu koleksi. Karena, meskipun tanaman purba yang berasal dari Afrika Selatan ini adalah salah satu jenis tanaman mahal namun perawatannya cukup mudah.

Sebelum mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk merawat tanaman hias ini. Ada baiknya Anda juga mengenal jenis dan karateristiknya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa jenis tanaman sikas yang sering ditemui di Indonesaia

Sikas Encephalartos Lehmanii

Jenis yang pertama adalah Sikas Encephalartos Lehmanii yang juga dijuluki blue encephalartos. Ini karena bentuk anak daunnya yang berwarna hijau keperakan. Jenis yang satu ini juga memiliki daya tahan yang tinggi bahkan bisa bertahan hingga suhu minus 5 derajat Cesius sekalipun.

Sikas Encephalartos Ferox

Jenis sikas yang kedua bernama Sikas Encephalartos Ferox dan jenis yang paling banyak dikoleksi. Tingginya yang bisa mencapai hingga 1,5 meter ini memiliki anak daun yang bentuknya unik. Ini terlihat dari bentuk lansetnya yang melebar dengan bentuk ujung daun yang tidak rata, serta meruncing seperti bintang pada beberapa bagiannya.

Sikas Encephalartos Latifrons

Sikas Encephalartos Latifrons adalah jenis berikutny yang ketinggian pohonnya bisa mencapai 2,5 meter. Tanaman sikas yang satu ini memiliki bentuk daun yang lebar dan penampilannya yang sangat indah.

Sikas Revoluta

Jenis berikutnuya yang  juga banyak ditemui di negara ini adalah Sikas Revoluta yang karateristik cukup unik dan sekilas mirip dengan pohon kurma. Tanaman yang berasal dari Jepang dan Cina ini, memiliki daun yang seperti sirip serta berwarna hijau tua mengilap. Tanaman ini juga kerap disebut-sebut sebagai sikas termahal.

Itu dia beberapa jenis tanaman sikas yang bisa Anda coba tanam dan masih ada lebih dari 70 jenis sikas lainnya yang ada di bumi ini. Lantas bagaimana cara merawat tamanan yang sering disebut pakis haji ini, berikut penjelasannya.

Lokasi Tanam

Daratan rendah yang bersuhu panas merupakan wilayah yang paling tepat untuk menanam tanaman ini. Sikas dapat tumbuh dengan baik, bila tanah yang digunakan mengandung unsur hara yang cukup dan intensitas terkena sinar mataharinya juga harus tinggi.

Beberapa kolektor memilih untuk menanam sikas yang masih berukuran kecil di dalam sebuah pot. Jika begitu, ada baiknya Anda memindahkan tanaman ke dalam media baru bila tanah yang digunakan sudah cukup lama. Tujuannya adalah, agar tanaman tidak kekurangan hara.

Air

Jumlah air yang dibutuhkan oleh tanaman gurun ini tidaklah banyak. Bahkan proses penyiraman tanaman sikas tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda bisa menyiramnya 3 hingga 4 hari sekali saja. Dan bila dalam musim penghujan, maka Anda bisa melewatkan tugas yang satu ini.

Pupuk

Tamanan yang sangat lambat pertumbuhannya ini juga harus diberi pupuk, agar bisa tumbuh dengan baik. Beri campuran pupuk organik dan pupuk kimia secara seimbang untuk membantunya tetap bertahan hidup. Pemberian pupuk bisa dilakukan dlam 2 hingga 3 bulan satu kali.

Pengendalian hama

Sikas kerap kali diserang hama kutu putih dan untuk mengendalikannya, Anda bisa memilih menggunakan penyemprotan pestisida pada tanaman sikas ini. Pastikan Anda tidak menyemprot langsung ke arah daunnya karena bisa membuatnya menjadi rusak. Cukup membersihkan dan menyikat kutu pada permukaan daun untuk menghilangkan hamanya.

Pemangkasan

Perawatan selanjutnya adalah dengan melakukan pemangkasan secara berkala, bila Anda menemukan daun yang telah menguning karena tua. Gunakan pisau yang tajam untuk memotongnya, sehingga tanaman hias Anda kembali terlihat cantik.

Itu dia beberapa informasi singkat mengenai tanaman sikas yang perlu Anda ketahui. Yang paling menarik, bila Anda berhasil menanam dan membudiyakan tanaman ini, Anda bisa saja menjadi seorang jutawan. Karena harga dari tanaman purba ini memang cukup fantastis dan peminatnya sangatlah tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami WhatsAppTelepon